News letter Mokshfeast Edisi No 04/MF2/2019

Serba-serbi Mokshfeast 2019

Mandala, Gatra dan Tantra?

Apa sih Mandala, Gatra dan Tantra itu. Pertanyaan-pertanyaan ini banyak sekali muncul dari sebagian besar peserta. 3 istilah itu memang sengaja dipilih sebagai penamaan kategori tiket untuk mokshfeast 2019. Kenapa begitu?

Mokshfeast secara filosofis memang diambil dari istilah moksha yakni penyatuan diri manusia dengan alam semesta. Sementara feast adalah pesta atau perayaan. Dalam terminologi Hindu, moksha dimaknai sebagai pencapaian kesadaran tertinggi manusia tentang eksistensinya di alam semesta.

Untuk mencapai moksha, banyak tahapan dan tantangan yang harus dilalui, salah satunya melepas ikatan duniawi. Nah, moksfeast sendiri mencoba mengadopsi ini dengan memberikan pemaknaan yang lebih sederhana yakni mengajak peserta untuk melepaskan sejenak rutinitasnya dan menikmati hubungannya dengan alam dan kebudayaan.

Pemilihan istilah Mandala, Gatra dan Tantra untuk tiket Mokshfeast tahun ini lebih pada pertimbangan edukasi tentang konsep hidup (Moksha). 3 elemen itu diharapkan akan selalu jadi pengingat bahwa untuk mencapai moksha dibutuhkan setidaknya 3 konsep ini.

Jadi makna sebenarnya dari Madala, Gatra dan Tantra itu apa?

Merepresentasikan simbol alam semesta yang tak pernah putus (infinity). Puncak dari pusat kesadaran dan penyerahan diri manusia pada hakikat penciptaan.

Mandala Ticket

Eksistensi bentuk atau wajah yang menyiratkan makna, tiap manusia memiliki naluri dasar untuk hidup berkelompok dalam keselarasan lingkungan.

Gatra Ticket

Sebuah pengetahuan tentang inti kehidupan. Digambarkan sebagai pondasi hidup dan salah satu jalan yang menuntun manusia mencapai Moksha.

Tantra Ticket

Apapun jenis tiket yang dipilih, semuanya memiliki makna yang sangat dalam yang akan memperkaya referensi hidup kalian. Yuk buruan libas tiketnya, mungkin ini jadi salah satu jalan buat kalian untuk menemukan kebahagiaan baru yang akhirnya membuat kalian jadi pribadi baru yang jauh lebih baik. Pemesanan tiket bisa kalian lakukan di mokshfeast.straight-line.org (*)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *